Pages

Rabu, 30 Mei 2012

Berwisata di Banjarnegara Gilar-Gilar yukkk (part 10). . .




Mengenal Corak Batik  Gumelem Sebagai Oleh-Oleh Khas Banjarnegara

            Batik, apa yang ada dibenak kalian jika mendengar kata batik??? Tentunya sekarang ini kata batik sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Pengaruh penghargaan dan pengakuan UNESCO dengan mengakui batik sebagai warisan budaya Indonesia juga turut mendorong tumbuhnya industri batik rakyat Indonesia, terutama di Gumelem,  Kabupaten Banjarnegara.
           
 

Salah satu contoh motif Batik Gumelem

Pernahkah kalian mendengar “Batik Gumelem”? Batik Gumelem merupakan salah satu produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Banjarnegara. Kerajinan ini berpusat di Desa Gumelem khususnya di Dukuh Dagaran dan Karangpace (Gumelem Wetan) dan Dukuh Ketandan, Beji dan Kauman (Gumelem Kulon), Kecamatan Susukan, berjarak sekitar 30 km ke arah selatan dari pusat kota Banjarnegara. Jika kalian berkunjung ke Banjarnegara, kurang lengkap rasanya jika kalian tidak mencoba mengenal produk khas Banjarnegara yang satu ini. Sebagai awalnya, saya akan mengenalkan sedikit mengenai Batik Gumelem. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat langsung membelinya saat berkunjung ke Banjarnegara.

Preoses menggambar dikain

Produk kerajinan batik tulis Banjarnegara (Batik  Gumelem) memiliki kekhasan apabila dibanding produk batik tulis lainnya. batik Gumelem mempunyai corak khas berupa udan liris dan rujak senthe yang diproduk secara turun-temurun oleh warga setempat. Di samping itu, batik Gumelem memiliki kekhasan lain yaitu didominasi warna sogan (cokelat), hitam, dan kuning, serta memiliki motif bunga-bunga, kawung, dan parang.
Motif batik di Gumelem ada pembagian dalam dua corak, yaitu klasik dan kontemporer. Corak  Klasik seperti Pring Sedapur, Gajah Uling, Sungai Serayu, dsb. Sedangkan  Corak Kontemporer seperti Sawung Alit, Lumbu Pari, Kawung Ceplokan, dsb. Motif kontemporernya lebih variatif dan menggunaan warna lebih cerah yang dapat disesuaikan dengan keinginan pesanan kalian baik waktu pengerjaannya, warna maupun harga. Untuk corak batik Gumelem lainnya, kalian dapat langsung berkunjung pada pusat batik Gumelem di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Proses membatik dikain

Sebagai langkah awal untuk mengenalkan batik Gumelem sekaligus untuk upaya penggunaan produk lokal masyarakat Banjarnegara, Pemkab Banjarnegara mewajibkan Pegawainya untuk mengenakan batik Gumelem tiap hari Sabtu mulai sekitar tahun 2006. Dengan berkembangnya waktu, batik Gumelem mulai saat itu disukai masyarakat lokal Banjarnegara.

Baju dengan motif Batik Gumelem

Sementara itu, kalangan luas kini juga mulai melirik batik Gumelem, terutama para kolektor batik tulis yang berasal dari luar daerah maupun para pecinta batik tulis bermotif khas Gumelem, Banjarnegara. Meskipun bagi para kolektor batik tulis batik Gumelem sudah mulai dikenal, tetapi batik Gumelem  namanya masih belum setenar produk batik lainnya.
Batik Gumelem dengan harganya yang terjangkau dan memiliki warna serta corak yang khas, sangat cocok digunakan dalam suasana resmi maupun saat kalian bersantai yang pastinya akan menambah kenyamanan kalaian saat memakainya.
Harga batik Gumelem sangat terjangkau. Variasi harganya berkisar dari yang termurah mulai dari harga Rp 70 ribu sampai Rp 400 ribu.
Untuk mendapatkan batik tulis khas Gumelem Banjarnegara ini cukup mudah. Kalian bisa menemuinya di beberapa tempat di kota Banjarnegara. Bahkan jika kalian mau, kalian disarankan untuk berkunjung langsung ke Desa Gumelem, di sana akan terpampang tulisan Sentra Pengrajin Batik Tulis Gumelem. Disana terdapat tempat penjualan toko khas batik dan terpampang beragam kain batik tulis serta pakaian jadi beraneka ukuran, disediakan pula variasi dari produk batik Gumelem, seperti taplak meja. Disana kalain juga dapat melihat proses pembuatan kain batik tulis serta mengetahui proses pewarnaan batik Gumelem dengan menggunakan pewarna alami dengan mendatangi tempat pengrajin batiknya.
Menarik bukan? Nah jika kalian berminat untuk memiliki salah satu koleksi batik Gumelem, kalian dapat berkunjung langsung ke Banjarnegara. Namun, jika kalian belum sempat berkunjung ke Banjarnegara, kalian dapat memesannya melalui http://www.batikgumelem.net/
Untuk kalian teman-temanku di Banjarnegara, cintailah produk lokal batik Gumelem ini.
Silakan bagi kalian yang berada diluar daerah Banjarnegara, berkunjunglah ke Banjarnegara yaaa, temaaaaan... Melihat produk lain khas Banjarnegara yang satu ini yang tentunya akan membuat kalian tertarik untuk memilikinya sebagai koleksi dari pakaian kalian. Aku tunggu lho ^_^
Kunjungi pula Website Kabupaten Banjarnegara http://www.banjarnegarakab.go.id/


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates