Pages

Rabu, 30 Mei 2012

Internet 10


E- BOOK

Sejarah E-Book  berawal dari sejarah publikasi digital dimulai pada tahun 1971 ketika Michael Hart mencoba menyimpan salah satu kopian dari deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat dalam komputer mainframe yang ia miliki. Kemudian berkembang menjadi Proyek Gutenberg, sebuah proyek besar untuk mengumpulkan sejumlah besar buku dalam format digital.  Kini, Proyek Gutenberg telah memuat lebih dari 20.000 tulisan lepas dan 100.000 buku (www.gutenberg.org).
Pengertian E-Book
-           E_book merupakan singkatan dari elektronik book, atau biasa kita kenal dengan buku elektronik.
-          E-book adalah sebuah versi elektronik dari sebuah buku tercetak yang dapat dibaca pada sebuah personal komputer atau alat lain yang didesain khusus untuk membaca e-book (Danang, 2009).
-          Buku elektronik adalah buku cetak yang di ubah bentuk menjadi elektronik untuk dibaca di layar monitor (Putu Laxman Pendit, 2008).
Format E-Book seperti :
  1. Teks Polos
                 Teks polos adalah format paling sederhana yang dapat dilihat hampir dalam setiap piranti lunak menggunakan komputer personal.
  1. PDF
                 Format pdf memberikan kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku sebenarnya. Selain itu terdapat pula fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.
  1. JPEG
                 Seperti halnya format gambar lainnya, format jpeg memliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku yang banyak terdapat gambar.
  1. LIT
                 Format LIT merupakan format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar divais mobil yang digunakan untuk mebacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.
  1. HTML
                 Dalam format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak.
  1. Format Open Electronic Book Package
                 Format ini dikenal pula sebagai OPF FlipBook. OPF adalah suatu format buku elektronik yang berbasis pada XML (Extensible Markup Language) yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format ini dikenal saat FlipBooks sebagai piranti lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping).
KELEBIHAN
-          Buku digital jauh lebih praktis dan ringan jika dibandingkan dengan buku tradisional.
-          E-book dapat disimpan dalam waktu yang lama dengan sedikit kemungkinan mengalami kerusakan.
-          E-book dapat didistribusikan dengan cepat dan mudah, dengan memanfaatkan jaringan internet.
-          Format E-book kini dapat dibaca dengan mudah, dengan munculnya berbagai piranti portabel yang khusus dibuat untuk mempermudah proses membaca (E-book reader).
-          Keberadaan E-book akan mengurangi biaya dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat buku tradisional, seperti kertas dan tinta.
-          E-book cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan buku tradisional.
-          Dapat dikomersilkan dan lebih murah.
KEKURANGAN
-          Ketergantungan akan sumberdaya listrik .
-          Piranti  pembaca yang masih mahal dan dapat rusak.
-          Rentannya dokumen-dokumen E-book terhadap aktivitas yang dilakukan pembaca.
-          Banyaknya program yang harus diingat, mengingat format yang ada semakin bertambah.
-          Masalah hak cipta. 
Situs Penyedia E_Book
      www.kangzusi.com 
      www.duniadownload.com
      www.books.google.co.id
      www.buku-e.lipi.go.id
      www.zona-ebook.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates