Pages

Jumat, 30 Maret 2012

Berwisata di Banjarnegara Gilar-Gilar yukkk (part 8) . . .



Taman Rekreasi dan Margasatwa Serulingmas, kebun binatangnya Banjarnegara

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) merupakan sebuah tempat wisata berupa kebun binatang dengan daya tarik utama taman satwa  yang berada sekitar satu kilometer dari pusat kota Banjarnegara. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas terletak di Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Ternyata kebun binatang ini dulu sempat mendapat predikat sebagai kebun binatang di Indonesia yang meiliki koleksi unggas (khususnya burung) terbanyak (dari segi jenis lho bukan jumlahnya) namun tentunya menjadi suatu kebanggaan dong, hehehe...
Menurut sejarah nih, tempat margasatwa ini diresmikan Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman (alm), ketika masih menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas), pada 21 Agustus 1997 dan berawal dari konsep hutan kota ini juga difungsikan sebagai taman konservasi dan penelitian sehingga tak mengherankan jika tempat ini memiliki lebih dari 100 jenis satwa. Sebagai penanda peresmian ini, Susilo Sudarman menyumbangkan harimau yang sekarang telah berkembang biak. Tempat ini mempunyai luas ± 5,3 ha. Terletak 1 km dari Kota Banjarnegara kearah utara.Di lokasi tersebut terdapat juga makam yang dikeramatkan yaitu Makam Ki Ageng Selomanik keturuanan Raja Mataram.
 
Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) konon ceritanya semula hutan kota yang dihijaukan namun sejak tahun 1994. Di tengah taman rekreasi ini terdapat makam Ki Ageng Selomanik, yang dipercayai pengikut Pangeran Diponegoro yang terdesak ke barat dan menetap di Banjarnegara.
Daya tarik wisata yang ada di TRMS antara lain taman satwa, kolam renang, taman bermain. Sedangkan koleksi satwa di TRMS meliputi singa Afrika, harimau Benggala, gajah Sumatra, buaya, orang utan, singa afrika, beruang, kera dan berbagai jenis burung serta hewan lainnya. TRMS tergolong sukses sebagai tempat penangkaran satwa langka karena berdasarkan penilaian Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia, Serulingmas tergolong dalam kategori bagus dalam perawatan dan konservasi satwa.
Selain koleksi satwa, Taman satwa TRMS juga terdapat tanaman langka yang dilindungi. Total, TRMS memiliki lebih dari 36 jenis hewan memamah biak, burung, dan binatang melata serta tanaman langka.
Satwa-satwa ini selain merupakan hasil pengembangbiakan TRMS, juga didapatkan dari hasil tukar-menukar koleksi satwa dengan kebun-binatang di Indonesia. Salah satu hasil tukar-menukar koleksi tersebut adalah dua ekor gajah dari Taman Nasional Gajah Way Kambas, Lampung. Hingga kini, koleksi gajah tersebut yang beranak dua ekor.
Di kebun binatang ini juga terdapat kolam renang, pokoknya cocok sekali sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan wahana berupa “waterboom” cocok untuk menyegarkan badan setelah berkeliling melihat koleksi satwanya.
Taman rekreasi TRMS dilintasi aliran Sungai Serayu yang menambah keindahan pemandangan taman. Untuk memeriahkan suasana di panggung hiburan diadakan pentas kesenian daerah dan pentas musik yang dapat dinikmati wisatawan sambil duduk-duduk di bawah pohon rindang di arena bawah panggung yang bisa mengurangi rasa capek kalian setelah berkeliling di taman satwa TRMS. Dari taman ini juga bisa dilihat pemandangan menawan lembah Sungai  Serayu, yang bertemu Sungai Merawu dan Palet di sisi barat. Tidak jauh ada Bendungan Banjarcahyana, yang dibangun pemerintah Hindia Belanda tahun 1939. Bendungan berkonstruksi sifon itu menembus ke bawah Kali Merawu dan sampai kini masih berfungsi sebagai irigasi teknis.
Taman satwa TRMS telah menjadi daerah tujuan wisata bagi wisatawan nusantara mengingat daya tarik yang ada di taman rekreasi margasatwa Serulingmas cukup memadai. Jadi kalian tidak perlu khawatir berdesak-desakan meskipun taman rekreasi ini sangat diminati dan akan padat pengunjungnya pada hari-hari libur atau liburan sekolah.
Di Taman satwa TRMS, kalian juga dapat menikmati minuman khas Banjarnegara, yaitu Dawet Ayu Banjarnegara. Nuansa pedesaan yang masih kental di TRMS ini menjadikan kawasan TRMS cocok untuk dijadikan perjalanan wisata keluarga di hari libur. Dengan keistimewaan tersebut, TRMS merupakan satu-satunya taman margasatwa di Provinsi Jateng bagian selatan.
Silakan berkunjung ke Banjarnegara yaaa, temaaaaan... Melihat satwanya serta keindahan lainnya. Aku tunggu lho ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates