Pages

Jumat, 30 Maret 2012

Berwisata di Banjarnegara Gilar-Gilar yukkk (part 6) . . .


Keramik-keramik yang indah dari Banjarnegara.

Banjarnegara memiliki potensi kerajinan yang bernilai seni tinggi, selain potensi obyek wisata dan wisata kuliner. Kerajinan di Banjarnegara antara lain kerajinan keramik, kerajinan bambu dan kayu, tatah sungging, batik motif Banyumasan, dll.
Kerajinan keramik tentu sudah kalian temukan diberbagai daerah. Kabupaten Banjarnegara juga memiliki sentra kerajinan keramik yang bermutu tinggi dengan tehnik pembuatan keramik dengan membakar glazur sehingga menghasilkan keramik yang mengkilap. Tak heran banyak para wisatawan terutama dari Eropa banyak memesan keramik hasil tangan para pengrajin keramik klampok. w.o.w...
Sentra kerajinan keramik ini terletak di bagian barat Banjarnegara, lebih tepatnya di wilayah Desa Klampok sekitar 30 km dari Kota Banjarnegara, Kecamatan Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara. Terdapat show room keramik yang memiliki koleksi beraneka macam keramik yang indah di sepanjang jalan kecamatan Klampok yang dapat kalian temui.
Awal Mula Sentra kerajinan keramik Klampok diprakarsai Kandar Atmomiharjo saat menjadi guru di Kebumen (1935). Beliau mendapat kesempatan dari Pemerintah Belanda untuk belajar ilmu keramik di Keramische Laboratorium di Bandung. Selesainya beliau belajar di Bandung, beliau menjabat sebagai pemimpin perusahaan keramik milik Pemerintah Belanda. Usai berkarier di perusahaan keramik, beliau kembali ke Klampok dan mendirikan perusahaan keramik Usahanya tidaklah sia-sia karena sejak kemunculan perusahan keramik rintisannya ini menginspirasi banyak pihak sehingga pertumbuhan industri keramik di Purworejo Klampok semakin berkembang.
Keramik klampok merupakan salah satu jenis kerajinan yang berasal dari lempung atau tanah liat melalui proses pembakaran dikerjakan dengan Tangan (Hand mide). Dibandingkan sentra-sentra keramik lain, produk keramik Klampok memiliki keunggulan pada material bahan dasar yang lebih kuat. Terlebih, proses pembakaran juga di atas 1.100 derajat celcius dan menyebabkan hasil produk lebih kokoh dengan tekstur tetap dinamis. Keramik klampok di Kabupaten Banjarnegara mempunyai nilai seni tinggi dengan motif dan bentuk yang khasyang membedakan dengan keramik daerah lain serta hiasannya yang memadukan unsur-unsur tradisional dan modern dengan daya tarik yang khas sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini.
Untuk bahan dasarnya, lempung atau tanah liat yang diambil dari daerah Kaliwiro (Wonosobo), Cilongok, dan Banyumas. Cara membuat keramik pertama menyiapkan lempung yang akan dibuat keramik. Kedua, lempung dibentuk menurut selera. Ketiga, bentuk keramik kemudian dikeringkan. Selanjunya keramik dibakar, lalu diglasir untuk tahap akhirnya.
Kerajinan keramik Klampok ini sangat cocok sebagai hiasan di rumah, rumah makan, hotel, maupun perkantoran. Bahkan, perabotan dapur yang terbuat dari tanah liat pun tersedia.
Kerajinan keramik Klampok ini sangat cocok sebagai hiasan di rumah, rumah makan, hotel, maupun perkantoran. Bahkan, perabotan dapur yang terbuat dari tanah liat pun tersedia.
Jenis-jenis keramik yang diproduksi antara lain :
  • Guci
  • Poci (produk andalan keramik dari Banjarnegara)
  • Tempat paying
  • Aneka eaten set
  • Aneka binatang (gajah dll )
  • Tempat bunga
  • Meja kursi taman
  • Aneka ragam bentuk souvenir.
Berikut kisaran harga keramik klampok :
Gantungan Kunci Kupu-Kupu : 1 set berisi 3 buah, Rp 15.000
Tempat Lilin : Rp 20.000
Celengan Kucing Kecil : Rp 10.000
Celengan Kucing Besar : Rp 17.500
Set Teh Poci 3 Cangkir : Rp 35.000
Set Teh Poci 2 Cangkir : Rp 20.000
Bagaimana, teman? Soal harga terjangkau bukan? Kalau mencari yang mahal banyak, tapi untuk barang murah yang berkualitas dan bernilai seni tinggi Keramik Klampoklah menjadi jawabannya. Terutama bagi kalian penggemar keramik maka tidak ada salahnya membeli keramik Klampok. Setelah mengunjungi objek wisata, sempatkan pula untuk mengunjungi sentra kerajinan keramik Klampok untuk membeli cendera mata bagi keluarga, kerabat, maupun sahabat. Selain karena memiliki nilai seni yang tinggi, harganya pun cukup terjangkau.
Silakan berkunjung ke Banjarnegara yaaa, temaaaaan... Aku tunggu lho ^_^

Sumber Pendukung : http://www.banjarnegara.go.id

1 komentar:

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates