Pages

Rabu, 28 Maret 2012

Berwisata di Banjarnegara Gilar-Gilar yukkk (part 5). . .


Buntil Daun Singkong, satu lagi dari Banjarnegara

Buntil??? Makanan yang terderngar aneh dan terdengar ndeso bagi sebagian masyarakat dan bagi mereka yang belum pernah menikmatinya. Tapi jangan salah, buntil memiliki cita rasa yang lezat dan pastinya sehat sangat pas dijadikan lauk yang menyehatkan untuk dimakan bersama nasi. Masyarakat kota sering menyebut buntil mirip dengan bothok (kukusan yang dibungkus dengan daun pisang). Berbeda dengan bothok, bothok yang umumnya dibungkus dengan daun pisang yang daun pembungkusnya tidak dapat dikonsumsi sedangkan buntil dibungkus dengan daun singkong muda, daun talas, daun pepaya maupun daun sente yang daun pembungkusnya dapat turut dikonsumsi.

Selain dawet ayu, Banjarnegara juga memiliki makanan khas lainnya, yaitu buntil. Buntil sendiri sudah terkenal pada sebagian daerah, namun buntil Banjarnegara berbeda karena terbuat dari pembungkus daun singkong muda yang mempunyai rasa lebih khas. Buntil di Banjarnegara banyak dijual terutama dipasar dan para penjual yang tersebar diseluruh wilayah sehingga bagi kalian tidak perlu khawatir karena buntil dapat mudah kalian temui, dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.
Buntil terbuat dari parutan kelapa muda yang dicampur dengan bumbu tertentu misalnya dicampur ikan teri, diberi bumbu bawang, cabai, lengkuas, asam, garam, dsb atau biasanya dengan bumbu yang pedas dan digulung menggunakan daun pembungkusnya. Di Banjarnegara buntil disajikan dengan nasi ataupun nasi jagung, keripik teri, juhi, dan pete. Uhh pete? Semakin lahap jika disantap dengan nasi yang baru matang / baru tanak.
Biasa dapat disajikan dengan 2 variasi, disajikan kering ( Buntil Lilin) ataupun berkuah santan pedas ( Buntil Kambang). Bagi yang menyukai makanan berkuah, buntil dapat disajikan dengan kuah dari santan yang sedikit pedas lengkap dengan cabai rawit tidak diiris yang dibiarkan utuh.
Jika kalian termasuk pecinta kuliner, kalian wajib mencoba makanan satu ini. Makanan yang menyehatkan, mengenyangkan dan murah meriah yang akan membuat kalian ingin mencobanya lagi... Terutama buntil dari Banjrnegara yangdibuat dengan daun pembungkus yang berbeda dengan buntil lainnya.
Nah, mari sobat, berkunjung ke Banjarnegara dan jangan lupa mencoba buntilnya juga... Dan untuk oleh-oleh, sebaiknya membeli Buntil yang tidak bersantan, sehingga biasa tahan sampai seminggu. Sudah, sudah, jangan hanya melihat gambarnya saja, mari mencobanya langsung.
Silakan berkunjung ke Banjarnegara yaaa, temaaaaan... Aku tunggu lho ^_^
Sumber pendukung : http://www.banjarnegara.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates