Pages

Rabu, 30 Mei 2012

Internet 3


WEB BROWSER

World Wide Web ( WWW ) atau biasa dikenal dengan istilah Web merupakan sistem pengaksesan informasi dalam internet yang paling terkenal adalah. Pertama kali diciptakan pada tahun 1991 di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, Jenewa, Swiss. Tujuan awalnya adalah untuk menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi  di antara para fisikawan dan para ilmuan.
Web menggunakan protocol yang disebut HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol  ) yang berjalan pada TCP / IP. Adapun dokumen web ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ). Dokumen ini diletakkan dalam web server ( server yang mengalami permintaan halaman web ) dan di akses oleh klien ( pengakses informasi ) melalui perangkat lunak yang di sebut Web Browser atau yang sering di sebut browser saja. Adapun pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet. Konsep hypertext yang digunakan pada web sebenarnya telah dikembangkan jauh hari sebelum kehadiran web. Dengan menggunakan hypertext, pemakai dapat melompat dari suatu dokumen ke dokumen lain dengan mudah, dengan cukup mengklik teks-teks khusus yang pada awalnya di tandai dengan garis bawah. Informasi yang terdapat pada web disebut halaman web ( web page).
Pengertian beberapa contoh browser serta kelemahan dan kelebihanya
1.         MOZILLA FIREFOX
Mozila firefox  adalah aplikasi penjelajah web antarplatform bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla, dan ratusan sukarelawan.
Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Kelebihan
·         Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.
·         Security yang dimiliki firefox lebih handal dibanding yang lain.
·         Browser ini juga terkenal dengan addons-nya yang banyak tersedia baik dari Mozilla sendiri ataupun dari komunitas pengembangnya diseluruh dunia (Betatester)
·         Browser ini juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak jauh dibangdingkan IE. Ukuran aplikasi yang relative kecil yaitu sekitar 4,7 MB disbanding IE yang mencapai 80 MB dan mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi baik yang merupakan tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru meupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse kekiri menuju halaman sebelumnya.
·         Tampilannya yang cukup sederhana, dengan penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.fitur organisasi bookmark yang mampu mengorgaisasi beberapa tab sekalilgus.fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.
·         Bandel sehingga sangat cocok untuk membuka situs-situs bertipe multimedia,
·         Updatenya mudah
Kelemahan:
·         Startup time atau waktu menjalankan program pertama kali sangat lama,ini membuat user tidak nyaman.
·         Browser ini juga tidak berfungsi dengan optimal bila tidak di tambahi addons.para crackers sekarang mulai membidik browser ini karena jumlah penggunanya yang besar.
·         Program update berarti mendownload versi baru dari firefox,berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja.
·         Banyak addons tidak berfungsi bila firefox telah diupdate. Tetapi hal itu hanya berlaku untuk perubahan yang besar,misalnya versi 2 ke versi 3.
·         Waktu prses halaman situs tertentu lebih lambat,diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antar pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla firefox.
·         Mozilla Firefox memakan memori yang sangat besar. Apalagi kalau kamu membuka banyak tab atau windows sekaligus


2.       INTERNET EXPLORER
Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah browser dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.
Kelebihan:
·         IE memiliki jaringan yang stabil.dapat membuka semua aplikasi tanpa gangguan.
·         Toolbar tools lebih lengkap.
·         Untuk aplikasi program JAVA atau javascript,dengan memakai browser IE jauh lebih kompatibel.
Kelemahan:
·         Kecepatan dalam menjelajah  baik surfing,loading maupun mendownload agak sedikit lama disbanding browser yang lain.
·         Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
·         Berat saat awal start dan saat membuka tab baru.

3.       OPERA
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit "nakal" karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.
Kelebihan Opera :
·            Ringan dan cepat
·            Memiliki email client dan rss sendiri, jadi Anda tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
·            Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
·            Fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat sehingga halaman terbuka lebih cepat
·            Memiliki fitur penyimpan halaman dalam bentuk .mht (single file), yang belum dimiliki Chrome & Firefox dalam versi standar.
·            Banyak fitur pengaya/addons, widget dan aplikasi
·            Fitur Opera yang paling unik adalah fitur "Voice Interaction". Dengan fitur ini, Anda dapat memerintahkan Opera untuk mereload halaman, log in, membuka tab baru, mengklik link dan lain-lain dengan suara Anda.
·         Pemanggilan kembali Cache cepat
Kekurangan Opera :
·         Gagal dalam membaca script pada situs-situs tertentu.
·         Tampilannya yang kelewat "advance", membuat pengguna pemula kesulitan saat          awal menggunakannya.
·         Untuk meng-update-nya harus men-download kembali file masternya.
·         Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
·         Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman

4.       FLOCK
Flock adalah sebuah browser yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilan antarmukanya. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla Firefox. Flock dapat diunduh secara gratis, dan mendukung platform Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.
Kelebihan Flock :
·         Ada menu tersendiri(photo uploader) untuk upload foto ke situs layanan jaringan sosial misal : Facebook , Flickr , Twitter , Myspace .
·         Terintergrasi langsung dengan situ jejaring sosial
·         Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudah login), dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar. Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySapce dan Digg
·         Cek email melalui menu webmail.
·         Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi Anda.
Kekurangan Flock:
·         Flock membutuhkan resources yang lebih besar! Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama (nggak selama itu kok gann
·         Skin Flock pun masih terbatas.

5.       GOOGLE CHROME
Google Chrome adalah sebuah browser sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Chrome dengan dukungan platform google yang sudah ada mampu melakukan proses jelajah yang kompleks dengan cepat, aman dan nyaman.

 Keunggulan
·         Chrome juga memiliki “Modus Penyamaran” serta memberikan opsi “Make Application Shortcut” .
·         Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror atau crash pada salah satu tab tidak akan mempengaruhi tab yang lain.
·         Fungsi pencarian yang dimiliki oleh Chrome sangat baik sekali. Contohnya, Chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
·         Fungsi yang lain yang masih merupakan keunggulan Chrome adalah kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggap berbahaya. Contohnya pada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs resmi KlikBCA.
·         Desain Chrome tergolong simpel dan minimalis, mudah diupdate, ringan dan gesit. Selain itu Chrome juga tergolong ringan dan gesit, serta memiliki security yang kuat. Saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.

kelemahan
·         Browser ini menyimpan 2% data pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”.
·         Chrome juga memiliki feature Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
·         Pada Chrome juga tidak terdapat extension, plugin atau addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi-aplikasi tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
·         Selain itu ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.


Salah satu alamat yang dapat digunakan untuk mendownload mozilla firefox : http://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates