Pages

Minggu, 03 Juni 2012

Berwisata di Banjarnegara Gilar-Gilar yukkk (part 13). . .


Dataran Tinggi Dieng

Satu lagi yang membuat obyek wisata di Banjarnegara yang kaya keindahan alamnya yang masih alami. Dataran Tinggi Dieng dapat menjadi pilihan wisata kalian. Keberadaan kekayaan alam dan kekayaan budayanya memberikan Dataran Tinggi Dieng telah dikenal masyarakat luas.
Kawah dan telaga merupakan fenomena alam yang mempercantik Dataran Tinggi Dieng yang memiliki beragam cerita menarikyang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.  Dataran Tinggi Dieng termasuk salah satu kawasan yang memiliki daftar kawah terbanyak di Indonesia,
  1. Kawah Candradimuka Dieng
Kawah Candradimuka
Untuk obyek wisata kawah yang pertama, terdapat Kawah Candradimuka terletak di  desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah.
Di kawah ini ada sumber air yang dipercaya memiliki kekuatan gaib (hehehe kelihatan mistis banget yaa?). Kekuatan gaib ini memiliki artian bahwa kawah ini hampir terlihat sama seperti gunung berapi. Namun sebenarnya  kawah ini bukan gunung berapi, tetapi merupakan pemunculan semacam sumber gas belerang yang berasal dari rekahan tanah. Kawah ini termasuk Kawah Aktif namun tidak berbahaya. Kondisi Kawah yang cukup luas memudahkan pengunjung untuk melihat pemandangan Kawah Candradimuka beserta aktivitasnya dari berbagai sudut pandang dengan jarak relatif dekat.
Keberadaan Kawah Candradimuka selalu dikaitkan dengan cerita pewayangan jawa. Kalian tentu tahu, kisah Gatotkaca mengenai tempat GatutKaca diJedi (rebus) sehingga memperoleh kesaktian Otot Kawat Tulang Besi. Kurang lebih seperti itu legenda mengenai Kawah ini. Namun sayangnya, kawah Candradimuka selalu di lewatkan wisatawan disamping jaraknya jauh dengan dieng, jalan menuju Kawah Candradimuka belum memungkinkan dilewati kendaraan besar. Padahal disekitar Kawah Candradimuka kondisi alam masih nampak indah, berupa lahan pertanian dan bebukitan.
 2.       Kawah Sikidang Dieng Dan Pesona Lokasinya
Kawah Sikidang
Kawah Sikidang berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Kawah Sikidang adalah kawah vulkanik terpopuler dan terbesar di Dieng dengan lubang kawah gunung berapi berada di daerah dataran sehingga kawah dapat disaksikan langsung dari bibir kawah. Sampai saat ini kawah Sikidang masih aktif mengeluarkan uap panas sehingga air kawah mendidih.
Uap panas yang keluar disertai semburan air yang mendidih berwarna kelabu yang konon lokasinya selalu muncul berpindah-pindah dan berlompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain seperti seekor Kidang, sehingga dinamai kawah Sikidang. Terdapat aktivitas vulkanik ini memberi  daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dilokasi ini kalian akan mencium aroma belerang yang menyengat tapi hal tersebut bukanlah penghalang untuk menikmati keindahan pesona kawah sikidang.
Konon air dan lumpur di kawah ini memiliki suhu 98 derajat celcius, dan bahkan mungkin lebih. Pagar bambu dibangun mengelilingi kawah demi keselamatan para pengunjung. Beberapa meter dari pintu masuk terdapat sebuah papan peringatan agar Anda berhati-hati dalam melangkah, serta larangan menyalakan api dan membuang puntung rokok.
Ada yang menarik di Kawah Sikidang lho? Kalian dapat berkuda berkeliling obyek wisata Kawah sikidang, namun sayangnya kegiatan berkuda ini hanya dapat dinikmati pada hari-hari tertentu saja dengan menyewa kuda tunggangan milik warga lokal. Jika kalian belum pandai menunggang kuda, tidak menjadi masalah karena pemilik kuda akan dengan senang hati membimbing kalian berkeliling dengan berkuda. Disekitar lokasi kawah juga terdapat hal menarik lainnya lagi lho? Dilokasi ini terdapat semacam genangan air mendidih dan sering di gunakan untuk memasak telor bagi para penggunjung.
Dilokasi ini, kalian akan menjumpai wanita dengan karung berisi bongkahan-bongkahan belerang yang dijual sebagai souvenir khas Kawah Sikidang. Meskipun baunya sangat menyengat, namun uap yang mengandung belerang ini dipercaya mempunyai banyak manfaat.
Bila beruntung, kalian juga bisa melihat beberapa orang penambang belerang yang sibuk mencari bongkahan-bongkahan belerang untuk dijual ke kota. Masih banyak obyek wisata kawah di Dieng, lebih jelasnya kalian berkunjunglah untuk menikmati keindahan kawah lainnya. Bila kalian ingin merasakan obyek wisata yang mempunyai susasana seperti berada berdiri di atas tanah bermagma bumi, Kawah Sikidang adalah tempatnya. Namun ingat, hati-hati dalam melangkah dan jangan menyalakan api. Semoga beruntung..
3.       Obyek Wisata Dieng Sumur Jalatunda
Sumur Jalatunda
Ada sumur namun bukan sembarang sumur nih di Dataran Tinggi Dieng. Sumur Jalatunda namanya, berasal dari kawah mati selama ribuan tahun, yang terisi air sehingga terlihat seperti sebuah sumur raksasa.
Saat kalian berkunjung ke Sumur Jalatunda, berhati-hatilah! Sumur ini berdiameter kurang lebih 90 meter dan kedalaman ratusan meter. Ada kepercayaan penduduk setempat jika seseorang berhasil melemparkan batu menyeberangi sumur tersebut, maka segala keinginannya akan terlaksana. Bahkan air sumur Jalatunda mempunyai kekuatan magic sehingga banyak dimanfaatkan wisatawan. Wah wah, iseng-iseng boleh kalian coba tuh, tapi jangan menjadikan hal yang menimbulkan musrik yaaa...

  1. Menelisik Keindahan Telaga Warna
Telaga Warna
Obyek wisata alam lainnya berupa telaga. Seperti kawah-kawah yang berada di Dataran Tinggi Dieng, banyak telaga yang juga dapat dijumpai pada Dataran Tinggi Dieng.
Yang pertama, Telaga warna. Cerita keindahan Telaga Warna "Dieng Plateau", telah menjadi tujun wisata Dieng yang menarik banyak wisatawan. Jalan yang dihiasi taman-taman telaga akan menyambut kalian saat memasuki pintu gerbang kawasan wisata Telaga Warna. Berada diantara barisan bukit-bukit tidak membuat Telaga Warna sepi dari pengunjung.
Ternyata eh ternyata, Telaga Warna konon katanya airnya dapat berubah dalam berbagai warna lho??? Eeitss jangan kecewa dulu, saat kalian sampai didepan Telaga Warna tersebut pastinya sejauh mata memandang, seluruh permukaan telaga tetap terlihat berwarna hijau tanpa ada sentuhan warna lainnya.

Ternyata ada trik untuk menikmati keindahan telaga ini. Di pintu belakang terdapat sebuah jalan setapak menanjak ke arah salah satu bukit yang memagari telaga. Jalan tanah ini hanya cukup untuk dilewati satu orang saja. Tanjakannya memang tidak begitu terjal, namun cukup licin mengingat kawasan Dieng sering dilanda hujan. Beberapa ratus meter mendaki, sampailah di puncak bukit dengan pemandangan yang akan membuat siapa saja terpesona. Di bawah sana, telaga warna terhampar indah. Air akan terlihat bergradasi dengan warna yang sangat indah. Penasaran? Berkunjunglah dan lihatlah keindahan warna yang terpancar dari permukaan air telaga. Serta sepoinya udara pegunungan Dieng, yang menenangkan jiwa yang lelah dan membuat kalian terpukau, akan indahnya alam semesta ini...

            Masih banyak obyek wisata di Dieng yang brlum dapat disebutkan, untuk lebih jelasnya, kalain dapat langsung berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Namun, untuk obyek wissata berupa kebudayaan masa lampau, akan masih berlanjut, teman... To be continue ^_*

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates