Pages

Jumat, 30 Maret 2012

Berwisata di Banjarnegara Gilar-Gilar yukkk (part 7) . . .


Wisata Waduk Mrica Banjarnegara menawarkan wisata yang alami

Waduk mrica merupakan salah satu tempat rekreasi lainnya yang ada di Kabupaten Banjarnegara.
Waduk Mrica terletak 10 km dari kota Banjarnegara kearah barat. Wisata air ini memanfaatkan Bendungan Panglima Besar Soedirman yang mempunyai fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik (PLTA). Bendungan ini mempunyai panjang  6,5 Km dan luas 1.250 Ha membuat bendungan atau waduk ini menjadi waduk terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara dan mempunyai kapasitas tenaga listrik sebesar 184,5 Mega Watt. Waduk ini membendung Sungai Serayu dan menjadi pembangkit listrik bagi Pulau Jawa.
Selain fungsinya sebagai pembangkit listrik tenaga air, Waduk Mrica juga dimanfaatkan sebagai wisata tirta serta budidaya ikan dengan sistim keramba yang banyak dilakukan oleh warga sekitar waduk.
Waduk mrica menjadi lokasi wisata yang sangat menarik, karena disamping kalian dapat melihat hamparan air yang sangat luas, juga terdapat bukit-bukit yang rimbun oleh pepohonan nan indah dan asri. Jika kalian berkungjung ke Waduk Mrica selain hamparan air yang indah, suasana lingkungan yang masih alami akan kalian rasakan juga yang disertai pepohonan yang cocok untuk menyejukkan diri dari rasa panas karena teriknya sinar matahari.
Obyek wisata Waduk Mrica menawarkan berbagai paket wisata air antara lain berperahu mengelilingi waduk, olahraga dayung maupun memancing disekitar waduk. Disamping itu terdapat arena permainan anak dan panggung terbuka, di waduk juga terdapat Padang Golf dengan 8 Hole yang dilengkapi segala fasilitas untuk bermain.
Fasilitas yang tersedia berupa perahu wisata/speedboat yang bisa kita sewa dan mengeilingi waduk lho, ada arena pemancingan, panggung hiburan dan arena bermain untuk anak yang dilengkapi dengan kereta  mini mengelilingi arena wisata.
Lokasi ini sangat menarik karena berbukit-bukit dan rimbun oleh pepohonan serta pemandangan bendungan yang indah dan asri. Namun sayangnya, saat ini kondisi waduk seakan tak menarik lagi bagi sebagian besar masyarakat, sehingga waduk mrica lambat berkembang. Kurangnya perhatian dari pemerintah setempat yang menjadi faktor lambatnya perkembangan Waduk Mrica. Semoga kedepannya pemerintah lebih memperhatikan salah satu aset wisata Banjarnegara ini.
Sedangkan fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, Rumah makan, kios cinderamata, perahu, speedboat, kereta mini, dayung, tempat pemancingan. Tiket masuk Waduk Mrica harganya sangat terjangkau lho...
Monggo, teman. Nikmati indahnya hamparan air sembari duduk di bawah pohon-pohon rindang yang ada di Waduk Mrica. Silakan berkunjung ke Banjarnegara yaaa, temaaaaan... Aku tunggu lho ^_^
Sumber pendukung : http://www.banjarnegara.go.id

2 komentar:

  1. hemmm,so beautiful....
    ohh boleh nanya kan? artinya gilar-gilar itu apa ya?
    soalnya nama q juga gilar,tapi aq ga tau arti nama q...
    waktu kecil pernah ketempat nenekq(dari ibu) di banjarnegara,nah lo disana ada tulisan banjarnegara gilar gilar,
    hemm tapi artinya apa ya...???
    mohon jawabannya :)

    BalasHapus
  2. hehee maaf baru bales.
    mungkin yaa,gilar itu artinya, bersih - rapi
    kalau banjarnegara gilar-gilar itu banjarnegara rakyatnya makmur2
    hehee
    kenapa gak tanya sesepuh keluargamu aj

    BalasHapus

 
Copyright 2012 Gustini Putri Utami. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates